Ketersediaan RPP dan Materi Biologi pada Pembelajaran Daring di Madrasah Aliyah Se-Kabupaten Batubara

Authors

  • Dewi Masytah Magister Pendidikan Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Medan
  • Martina Restuati Magister Pendidikan Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Medan
  • Tumiur Gultom Magister Pendidikan Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Medan

Keywords:

Lesson plans, Syllabus, Teacher

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat RPP dan penyampaian materi pembelajaran biologi online di Madrasah Aliyah Kabupaten Batubara. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sampel diambil dari 16 guru biologi secara purposive sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket untuk memperoleh data RPP dan silabus dalam pembelajaran online mata pelajaran biologi. Hasil dalam penelitian ini adalah mengumpulkan RPP dan silabus pembelajaran yang berani belajar biologi di Madrasah Aliyah se-Kabupaten Batubara, sudah baik dengan rata-rata 0,77 atau 76,67% dan Aspek penyampaian materi biologi oleh guru dalam pembelajaran di Madrasah Aliyah se-Kabupaten Batubara tergolong baik dengan rata-rata 0,73 atau 72,64%.

References

Ariyanto, A., Priyayi, D.F., Dewi, L. (2018). Penggunaan Media Pembelajaran Biologi di Sekolah Menengah Atas (SMA) Swasta di Salatiga. BIOEDUKASI Jurnal Pendidikan Biologi, 9 (1):1-13.

Astuti, A.D., & Prestiadi, D. (2020). Efektivitas Penggunaan Media Belajar Dengan Sistem Daring Ditengah Pandemi Covid-19. Prosiding Web-Seminar Nasional (Webinar) “Prospek Pendidikan Nasional Pasca Pandemi Covid-19” Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang, ISBN: 978-602-5445-11-8.

Asyrofahnti, N., Rahayu, E.S., & Dewi, N.K. (2018). Analysis on Utilization of Biology Laboratory and School Environment in Biology Learning for Tenth Grade Students of Senior High School in Jepara Regency. Journal of Innovative Science Education. 7 (2) 2018 : 136-144.

Bilfaqih, Y., & Qamaruddin. M.N., (2015). Esensi Pengembangan Pembelajaran Daring. Yogyakarta: Deepublihs.

Dimyanti, M.A., Swardiyanto, D., Yuliandoko, H., & Arief, V.W. (2017). Pemanfaatan Teknologi Sebagai Media Pembelajaran Daring (On Line) Bagi Guru dan Siswa Di SMK Nu Rogojampi. Jurnal Pengabdian Masyarakat J-DINAMIKA. 2(2), 96-100.

Ghirardini, B. (2011). E-learning Methodologies. Germany: Federal Ministry of Food,Agriculture and Consumer Protection.

Lubis, K.A., Djulia, E., Hasruddin. (2017). Analisis Komponen RPP Guru Biologi di SMA Negeri Se-Kabupaten Mandailing natal. Jurnal Pendidikan Biologi, 6 (3), 367-370.

Nadia. (2020). Sistem Pembelajaran Daring Menggunakan Media Online Pada Era Covid-19.Program Studi Pendidikan IPS. FKIP Universitas Lambung Mangkurat.

Rachmawati, Y., Ma’arif, M., Fadhillah, N., Inayah, N., & Ummah, K. (2020). Studi Eksplorasi Pembelajaran Pendidikan IPA Saat Masa Pandemi COVID-19 di UIN Sunan Ampel Surabaya.Indonesian Journal of Science Learning, 1 (1), 32-36.

Siregar, K., Resruati, M., & Gultom, T. (2017). Analisis Kesulitan Belajar Siswa Pada Sistem Pencernaan, Pernapasan Dan Eksresi Se-Kotamadya Tebing Tinggi Tahun Pelajaran 2015/2016. Prosiding Seminar Nasional III Biologi dan Pembelajarannya, Universitas Negeri Medan: Medan.

Downloads

Published

2021-08-08

How to Cite

Masytah, D., Restuati, M. ., & Gultom, T. . (2021). Ketersediaan RPP dan Materi Biologi pada Pembelajaran Daring di Madrasah Aliyah Se-Kabupaten Batubara. Citra Bio Kaldera, 1(1), 17-22. Retrieved from https://publisher.yccm.or.id/index.php/cbok/article/view/19